SILABUS
Nama
Sekolah : Madrasah Aliyah Negeri Curup
Program
: Agama
Mata
Pelajaran : Bahasa
Arab
Kelas/Semester : XI/II
Standar Kompetensi :
MENYIMAK, BERBICARA, MEMBACA DAN MENULIS tentang fasilitas umum dan pariwisata
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indicator Pencapaian Kompetensi
|
penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
|
Menyimak
2.3 mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata,frasa atau
kalimat)tentang fasilitas umum dan pariwisata dengan tepat
2.4 menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan tentang fasilitas umum dan pariwisata
secara tepat
|
Dialog dengan judul :
1.
Fasilitas
umum, misalnya :
يقف أحمد أمام شباك التذاكر، ويسأل عن مواعيد القطارات هو يريد ان
يركب القطار ثم يشترى تذكراة الى سولو.
2.
Pariwisata a :
المعالم السياحية في جاكرتا سأل احمد وإلياس الشرطي عن طريق إلى
شركة السياحة.
|
·
Mendengarkan
wacana lisan menggunakan berbagai media
·
Menyebutkan
kata-kata yang didengar
·
Mencocokkan
gambar dengan ujaran yang didengar
·
Menuliskan
beberapa kata yang didengar dengan bantuan guru
·
Menentukan
benar atau salah ujaran yang didengar
·
Mendengarkan
wacana lisan dengan menggunakan berbagai media (guru atau tape)
·
Mendiskusikan
isi wacana lisan
·
Menuliskan
isi wacana lisan secara umum
·
Memaparkan
isi wacana lisan secara umum
|
·
Mencocokkan
tulisan dengan kata, frasa atau kalimat yang didengar
·
Melengkapi
kalimat dengan kata yang disediakan
·
Menentukan
benar/salah ujaran yang didengar
·
Menentukan
tema dari wacana lisan
·
Menentukan
ide pokok dari wacana lisan
·
Mengungkapkan
kembali informasi rinci dari wacana lisan
·
Mengidentifikasi
kosakata-kosakata baru atau sulit
|
Jenis :
Tugas individu (menyimak dialog)
·
Tugas
kelompok (menentukan tema, ide pokok, menulis informasi rinci dan
mengidentifikasi kosakata sulit )
·
Test
: tulis (ulangan harian)
|
· Fasilitas umum:1x45
· Pariwisata : 1x45
·
Fasilitas umum :3x45
·
Pariwisata :3x45
|
·
Buku
paket pelajaran bhs arab program bhs asing
·
Al-arabiyah
bayna yadaik
·
Qowaidul
lughoh al arabiyah
·
multimedia
|
|
Berbicara
2.1
menyampaikan
gagasan atau pendapat secara lisan tentang fasilitas umum dan pariwiwsata dengan lafal
yang tepat
2.2
melakukan
dialog tentang fasilitas umum dan pariwisata dengan lafal yang tepat dan lancar
|
Dialog tentang :
1.
tempat pariwisata di jakarta.
|
·
mendengarkan
wacana lisan
·
mengulangi/menirukan
ujaran (kata/frasa/kalimat)
·
menjawab
secara lisan mengenai isi wacana dengan tepat
·
menceritakan
kembali isi wacana
·
bercerita
sesuai tema
·
mengajukan
pertanyaan kepada teman di kelas
·
menjawab
pertanyaan yang diajukan lawan bicara
·
melakukan
percakapan sederhana dengan teman sekelas/sebaya
·
bermain
peran
|
·
menirukan
ujaran(kata,frasa,kalimat)dengan tepat
·
melafalkan
ujaran(kata,frasa,kalimat)dengan intonasi yang tepat
·
menyampaikan
informasi sesuai konteks
·
mengajukan
pertanyaan sesuai konteks
·
menjawab
pertanyaan sesuai konteks
·
menceritakan
keadaan/kegiatan sesuai konteks
·
melakukan
percakapan sesuai konteks
|
Jenis :
Praktek (demonstrasi)
Uangan harian
Jenis :
Tugas individu/kelompok
Test :praktik
Bentuk : wawancara,demonstrasi
|
·
fasilitas umum : 2x45
·
pariwisata :2x45
·
jenis
: fasilitas umum :
2x45
·
pariwisata : 2x45
|
|
|
Membaca
3.4 membaca nyaring kata,frasa atau kalimat dalam wacana tertulis
tentang fasilitas umum dan listrik dengan tepat
3.5 mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara tepat
3.6 menemukan makna dan gagasan atau ide wacana tulis secara
tepat
|
Wacana tentang :
a.
fasilitas umum
b.
listrik
|
·
menirukan
lafal guru dalam membaca kata/frasa/kalimat
·
membaca
wacana dengan nyaring didepan kelas
·
membentuk
kelompok diskusi
·
menentukan
tema wacana tulis dalam kerja kelompok
·
membaca
wacana tulis
·
menetukan
informasi tertentu dalam kerja kelompok
·
menyusun
guntingan-guntingan kalimat menjadi wacana dalam kerja kelompok
·
menjawab
pertanyaan mengenai informasi rinci dari wacana tulis
|
·
melafalkan
kata/frasa/kalimat dengan tepat
·
membaca
nyaring kata/frasa/kalimat dengan intonasi dan lafal yang tepat
·
menentukan
tema wacana tulis
·
menentukan
ide pokk dari wacana tulis
·
menentukan
informasi rinci dari wacana tulis
·
menafsirkan
makna kata/ungkapan sesuai konteks
·
menjawab
pertanyaan mengenai informasi tertentu dari wacana tulis
·
mencocokkan
tulisan dengan gambar/bagan/denah,dsb.
·
Menjawab
pertanyaan mengenai informasi rinci dari wacana tulis
|
Jenis :
Tugas individu
Bentuk :
Membaca nyaring
Test : praktik
Jenis : tugas kelompok
Bentuk ; diskusi
Jenis : tugas kelompok
Bentuk : diskusi
Test : tulis
Bentuk : memilih dan menjawab
ulangan harian
|
·
Fasilitas umu : 1x45
·
listrik : 1x45
·
fasilitas umum : 1x45
·
pariwisata : 1x45
·
fasilitas umum :4x45
·
pariwisata :4x45
|
|
|
Menulis
1.1
menulis
kata,frasa dan kalimat dengan huruf,ejaan dan tanda baca yang tepat
1.2
mengungkapkan
gagasan atau pendapat secra tertulis dalam kalimat dengan menggunakan
kata,frasa dan struktur yang benar
|
·
menulis
khat riq’ah
·
menulis
dikte
·
melengkapi
wacana
·
membuat
wacana dengan pilihan tema fasilitas
umum dan pariwisata
·
qowa’id
|
·
menyaalin
khat riq’ah yang dicontohkan oleh guru
·
menulis
kata-kata,frasa atau kalimat yang didiktekan guru
·
melengkapi
wacana dengan kosakata yang tersedia
·
menyusun
frasa/kalimat yang tersedia menjadi sebuah paragraph
·
membuat
cerita berdasarkan gambar
·
membuat
wacana pendek sesuai tema
|
·
menulis
kalimat dengan khat riq’ah
·
menulis
kata-kata.frasa atau kalimat yang didiktekan oleh guru
·
menyusun
kata/frasa menjadi kalimat dengan struktur yang tepat
·
menyusun
frasa/kalimat yang tersedia menjadi wacana
·
membuat
wacana/cerita sederhana sesuai tema
|
Jenis : tugas individu
Test : tulis
Bentuk uraian terbatas
Jenis : tugas individu
Test : tulis
Bentuk uraian
Ulangan harian
|
·
fasilitas umum: 2x45
·
pariwisata :2x45
·
fasilitas umum : 3x45
·
pariwisata :3x45
|
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
Aliyah Negeri (MAN)Curup, Guru
Drs. Abdul Munir, M.Pd Dina
Yuniati, S.Pd.I
NIP. 197903011996031003 NIP.198806062011012022
Penyusun,
Manahan Harahap
Nim.
1060044
Tidak ada komentar:
Posting Komentar